Sunday 5 April 2015

cara kerja termometer


Sebelum kita membahas cara kerja termometer, alangkah baiknya jika kita jelaskan arti kata dari termometer. Termo berasal dari bahasa yunani yang artinya suhu sedangkan meter artinya mengukur. Dan kalau digabungkan kedua kata tersebut berarti mengukur suhu.

Jadi dapat dijelaskan bahwa termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu atau perubahan suhu. Dalam mengukur suatu temperatur / suhu banyak metode yang dapat dilakukan. Seperti dengan meraba, melihat ataupun mengamati. Maka dari itu terdapat banyak macam termometer untuk mengukur suhu berdasarkan cara kerja maupun media yang di pakai.

Adapun jenis dan cara kerja tetmometer antara lain adalah sebagai berikut :
* Termometer raksa
Termometer raksa bekerja berdasarkan pemuaian volume air raksa. Air raksa banyak dipakai karena zat ini lebih cepat bereaksi terhadap perubahan suhu. Air raksa ditempatkan dalam tabung pipa yang kecil / kapiler sehingga apabila memuai akan kelihatan merambat pada lubang kapiler tersebut. Selanjutnya tabung diberi ukuran sesuai kalibrasi dan satuan suhunya. Termometer ini banyak dijumpai pada termometer klinik ataupun laborat.

termometer alkohol


Termometer alkohol
Sama dengan air raksa, alkohol juga peka terhadap tempetatur. Jadi alkohol juga banyak dipakai dalam termometer. Karena sama - sama cair kedua termometer ini mempunyai bentuk dan kegunaan yang sama. Yaitu bisa untuk mengukur suhu badan, ruangan ataupun suhu air.

* Termometer inframerah
Termometer ini bekerja menggunakan sensor - sensor inframerah. Biasanya dipakai untuk mengukur suhu yang sangat tinggi yang tak mungkin untuk didekati manusia. Seperti pada industri peleburan baja, cairan baja yang meleleh dapat diukur menggunakan termometer jenis ini.

termometer inframerah
termometer infra merah
* Termometer bimetal mekanik
Sesuai namanya, termometer bimetal mempunyai arti penggabungan duabuah metal yang dirangkap menjadi satu, dan kedua metal tersebut mempunyai titik kepekaan pemuaian terhadap suhu yang berbeda. Biasanya metal yang dipakai adalah tembaga dan besi. Tembaga akan lebih cepat memuai daripada besi. Sehingga bila terkena panas, metal tersebut akan melengkung. Biasanya termometer jenis ini banyak dipakai untuk mengukur suhu mesin mobil.

termometer bimetal
Termometer bimetal mekanik

Demikianlah penjelasan tentang cara kerja berbagai jenis termometer. Semoga saja dapat berguna bagi pembacanya.



No comments:

Post a Comment