Sunday 5 April 2015

cara kerja kulkas / lemari es


refrigerator
Kulkas atau Refrigator, adalah alat elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan makanan atau minuman. Makanan yang disimpan didalam kulkas akan menjadi lebih awet dan tidak mudah basi. Karena didalam suhu yang dingin kuman dan bakteri tidak dapat hidup / berkembang. Sehingga makanan yang di tempatkan didalam kulkas akan tahan sampai satu minggu bahkan lebih. 

Tujuan utama dari sistem pendinginan adalah mentransfer energi panas dari dalam ruangan dan melepaskan ke luar ruangan. Kita tentunya pernah memperhatikan bagian belakang kulkas yang terasa panas saat menyala. Hal ini membuktikan bahwa kulkas bekerja melepaskan energi panas dari dalam ruangan pendingin.Contoh lain dari sistem pendingin adalah AC. Bedanya kalau AC cuma dihidupkan saat - saat di butuhkan saja. Tapi kalau kulkas harus hidup 24 jam non stop dalam sehari.

Tentunya kita akan bertanya - tanya :
Energi panas selalu bergerak dari daerah yang lebih hangat ke daerah dingin. Bagaimana bisa energi panas bergerak dari pendingin udara di dalam lemari es yang dingin ke udara hangat di luar ruangan?
Maka jawabannya adalah:
Kerja atau Usaha.

Lalu bagaimanakah prinsip kerja dari sistem pendingin? Hukum Termodinamika dalam Fisika berlaku untuk prinsip kerja lemari es. Sebuah lemari es harus melakukan pekerjaan untuk membalikkan arah normal aliran energi panas. Pekerjaan melibatkan penggunaan energi untuk memindahkan sesuatu, dan untuk melakukan pekerjaan membutuhkan energi. Dalam lemari es, energi biasanya disediakan oleh listrik.

Kunci untuk bagaimana kulkas atau sistem pendingin lainnya bekerja adalah refrigeran. Refrigeran adalah zat seperti Freon yang memiliki titik didih rendah dan perubahan antara bentuk cair dan gas saat melewati kulkas.

Sebagai cairan, refrigeran menyerap energi panas dari udara dingin di dalam kulkas dan berubah menjadi gas. Sebagai gas, kemudian terjadi transfer energi panas ke udara hangat di luar kulkas dan perubahan bentuk kembali menjadi cairan. Pekerjaan dilakukan dengan lemari es untuk memindahkan refrigeran melalui berbagai komponen kulkas.

Adapun cara kerja lemari es adalah sebagai berikut:
~Energi panas ditransfer udara dingin dalam lemari es untuk menjadi cairan dingin melalui sebuah mesin evaporator. Kemudian refrigeran menyerap energi panas sehingga lebih hangat dan berubah bentuk menjadi gas.




~Gas yang terbentuk mengalir melalui compressor agar cairan pendingin (refrigeran) memiliki temperatur atau suhu yang lebih tinggi.




~Refrigeran dengan suhu tinggi tersebut kemudian mengalir melalui kondensor, dimana disanalah energi panas ditransfer ke kumparan pendingin kondensor. Sehingga akhirnya refrigeran itu kehilangan energi panasnya dan menjadi dingin kembali serta mengalami kondensasi menjadi cairan.


~Cairan Refrigeran masuk ke komponen Ekspansi tempat yang memiliki ruangan untuk menyebarkan cairan tersebut keluar serta menurunkan suhunya lebih rendah.


~Cairan dingin refrigeran tersebut kemudian kembali mengalir ke evaporator dan siklus kembali diulang.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai cara_kerja_kulkas. Semoga bermanfaat.

1 comment: