Friday 3 April 2015

cara kerja mesin uap

cara kerja mesin uap
cara kerja mesin uap

Mesin uap adalah Mesin yang di gerakkan menggunakan tenaga uap dari air yang dipanaskan. Mesin uap masuk dalam kategori pesawat kalor, yaitu peralatan yang digunakan untuk merubah  tenaga termis dari bahan bakar menjadi tenaga mekanis melalui proses pembakaran.

Pesawat kalor ada 2 macam yaitu :
  • Internal Combustion Engine ( ICE ) atau motor pembakaran dalam. Pada pesawat kalor jenis ini proses pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan tenaga mekanis dilakukan didalam peralatan itu sendiri. Contoh ; motor bensin dan diesel.
  • Extetnal Combustion Engine ( ECE ) atau motor pembakaran luar. Mesin uap dan turbin uap masuk dalam kategori pesawat kalor jenis ini. Karena pembakaran bahan bakar dilakukan diluar mesin uap ataupun turbin uap. Yaitu didalam ketel uap / boiler. Didalam ketel uap / boiler tenaga termis hasil pembakaran bahan bakar digunakan untuk memanaskan air sehingga berubah menjadi uap dengan temperatur dan tekanan tinggi yang selanjutnya dialirkan ke mesin uap ataupun turbin uap untuk diubah menjadi tanaga mekanis. Pada mesin uap tenaga potensial yang masuk diubah menjadi tenaga mekanis berupa gerakan kian kemari dari piston dan selanjutnya diubah lagi menjadi gerakan putaran dari crank shaft. Sedangkan pada turbin uap tenaga potensial uap langsung disalurkan untuk mendorong turbin sehingga menjadi gerakan putar.
Adapun cara kerja mesin uap adalah sebagai berikut:

mesin uap


Dari gambar diatas dapat kita pelajari bagaimana cara kerja sebuah mesin uap. Yaitu uap bertekanan tinggi masuk kedalam piston setelah melalui katup pengatur aliran uap. Pada gambar pertama terlihat katup bergeser ke kiri sehingga tekanan uap akan masuk melalui celah piston valve menuju ke piston utama sebelah kiri. Sehingga tekanan uap akan mendorong piston utama ke kanan. Sampai sini maka terjadilah setengah putaran pada roda flywheel.

Pada gambar kedua terjadi gerakan katup kekanan. Katup ini bergerak oleh perantara valve root yang terhubung oleh flywheel. Pada posisi valve seperti ini maka akan mengarahkan uap kearah sebelah kanan piston utama dan mendorong piston ke kiri. Sampai sini maka akan terjadi gerakan satu putaran penuh pada flywheel. Dan akan terus terulang-ulang menjadi gerakan putar yang stabil.

Itulah sebuah ulasan singkat mengenai cara kerja mesin uap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuanbagi yang membaca.

4 comments: